SELAMAT DATANG DI SOLUSI HUTANG

Tatacara ( Kaifiyat ) Mengamalkan Surat Alfatihah

Solusi Hutang : Tatacara ( Kaifiyat ) Mengamalkan Surat Alfatihah
السـلام عليكم ورحمة اللـه وبر كـاته
Sahabat Solusi Hutang (SSH),Ibn al-Hassar telah memastikan bahwa komposisi surat-surat Quran adalah terdiri dari 20 surat Madaniyah dan 82 surat Makkiyah, dan menyisakan 12 surat yang dipertentangkan makki-madani-nya dan salah satu diantara adalah surat al-Fatihah! (lihat al-Itqan I/ 44-45). 
Sahabat Solusi Hutang (SSH), yang akan kita bahas disini adalah bagaimana surat Alfatihah ini bisa menjadi syareat untuk merubah akhlak dan kehidupan kita sekarang dan masa yang akan datang. Untuk suatu keperluan hajat apa saja amalkanlah surat al-fatihah ini sebagai bagian dalam kehidupan kita, karena alfatihah sebagai:
1. Al-Fatihah atau Fatihatul Kitab
  • Syekh Muhammad Al-utsman menjelaskan Al-Fatihah adalah surat yang paling agung dalam kitab Alloh di sebut dengan Al-Fatihah karena surat ini di jadikan pembuka kitab Alloh, dan juga pembuka bacaan sholat, namun bukan merupakan pembuka dari segala kegiatan, seperti yang di lakukan oleh banyak orang sekarang ini, jika mau melakukan kegiatan biasanya mereka terlebih dahulu membaca surat Al-Fatihah cara tersebut sebenarnya tidak disyariatkan oleh para nabi dan sahabat.
2. Ummul Kitab
  • Induk kitab, nama ini banyak terdapat dalam hadis karena menjadi bacaan pertama dalam Al-Quran dan yang pertama kali di baca dalam shalat, serta mengandung semua persoalan yang terkandung dalam Al-Quran, Imam At-Thabari menjelaskan masyarakat arab biasa menyebut segala sesuatu yang meliputi suatu perkara dengan Umm.
3. Al-Wafiyah
  • Sufyan Bin Uyanah menjelaskan di sebut Al-Wafiyah karena surat yang satu ini tidak bisa di potong-potong saat dibaca, kalau surat lain dibaca separuhnya saja dalam satu rakaat lalu separuh lagi pada rakaat selanjutnya, shalat tersebut tetap sah, tetapi surat Al-Fatihah harus di baca secara lengkap.
4. Al-Kafiyah
  • Yahya Bin Abu Kasir menjelaskan di sebut Al-Kafiyah karena dengan membaca surat Al-fatihah saja sudah cukup dalam shalat dan shalat tersebut menjadi sah karenanya, tetapi jika membaca surat lain lain dalam shalat tanpa Al-Fatihah itu tidak cukup dan shalat menjadi tidak sah.
5. Suratur Ruqyah
  • Al-Bukhari dan Muslim meriwayatkan hadis dari abu Said Al- Khudri tentang kisah yang menjadikan Al-Fatihah sebagai obat dan ruqyah untuk menyembuhkan orang yang tersengat binatang berbisa nabi bertanya kepadanya apa yang engkau baca dalam ruqyah? Lalu Abu Said menjawab surat Al-Fatihah Rosululloh pun tersenyum
6. As-Sabu’l Matsany
  • 7 ayat yang berulang-ulang, namun nama ini paling banyak tersebut dalam hadis-hadis, dinamakan 7 karena memang terdiri atas 7 ayat, dan di katakan berulang-ulang karena memang ayatnya di baca berulang-ulang baik dalam surat Al-Quran lainya atau dalam shalat bahkan di luar shalat, ada juga yang mengartikan matsany itu berarti 2 bagian karena Al-Fatihah terdiri atas 2 bagian, satu bagian untuk alloh dan satu bagian untuk hamba
7. Suratul Hamdi
  • Surat pujian karena isinya penuh dengan pujian kepada Alloh, Syekh Mukhammad Bin Shalih Al-Utsaimin menjelaskan “الثناء على الجميل الاحتياري مع التعظيم”
  • Dan mengindikasikan bahwa Alloh terpuji dengan segala perbuatanya, sebagaimana Alloh memuji dirinya dirinya dalam kitabnya sebagaimana oula para Rasul, Malaikat dan hamba-hambanya yang beriman memujinya.
8. Al-Asas
  • Sendi atau dasar Sufyan Bin Uyanah menjelaskan surat Al-Fatihah adalah dasar dari Al-Quran karena Al-Fatihah mencakup seluru persoalan yang ada pada Al-Quran atau ringkasan dari seluruh isi Al-Quran.
9. Suratus Sukri
  • Surat syukur karena isinya adalah bersyukur kepada Alloh atas segala kenikmatan yang di berikan oleh Alloh yaitu seperti lafadh “alhamdulillahirobbil alamin”.
10. Suratu Majmail Asma’
  • Karena mengandung nama-nama Alloh yang baik dan terpuji yaitu “Arrahmanirrohim”.
Adapun nama-nama Al-Fatihah yang lain yaitu :
11. Suratus Syifa’
12. Suratus Syafiyah
13. Suratud-Do’a
14. Suratut-Thalab
15. Suratus-Sual
16. Suratut-Ta’limil masalah
17. Suratul Munajah
18. Suratut-Tafwidh
19. Afdhalu Suwaril Quran
20. Al-Waqiyyah
21. Al-Kanzu
22. Fatihatul Quran
23. A’zamu Suwaril Quran
24. Ummul Quran
25. Suratuun Nur
26. Al-Quran Al-Adzim
27. Suratul Hamdil Ula
28. Suratul Mujziyah
Oleh karena itu ikutilah tatacara paraguru kita dalam mengamalkan surat alfatihah ini sebagaimana mestinya.
Pertama tama kita ber washilah (tawwasul) dan mendo'akan kepada:
  1. Nabi Muhammad SAW.... Alfatihah 1X
  2. Sayyidina 'Imron Bin Husein.... Alfatihah 1X
  3. Syaikh abdul Qodir Al-Jaelany.... Alfatihah 1X
  4. Syaikh Haqqin Nazili.... Alfatihah 1X
  5. Kedua Orangtua kita.... Alfatihah 1X
  6. Diri Kita Pribadi (sebut) .... Alfatihah 1X
  7. Muslimin muslimat dimana saja Berada.... Alfatihah 1X
  8. Al IIkhlas .... 3X
  9. Al Falaq .... 3X
  10. An Naas .... 3X
  11. Ayat Kursy .... 3X
  12. Shalawat atas Nabi...... 11x
  13.  AL-FATIHAH 40x atau 313 x kali :

Surat Alfatihah 40x atau 313x

14. diakhiri dengan do'a :

إلَاهِي عِلْمُكَ كَا فٍ عَنِ الْسُّؤَالْ  إكْفِنِىبِحَقّ الْفَا تِحَةِ سُؤَالًاَ وَ  كَرَامُكَ كَافٍ عَنِ الْمَقَالِ
....أَكْرِمْنِى بِحَقّ الْفَا تِحَةِ مَقَالً وَحَصِّلْ مَا فِى ضَميْر

"Ilahi 'ilmuka kaafin 'anil suu'ali. Ikfinii bihaqqil faatihati su'aalan. Wa karoomuka kaafin 'anil maqooli. Akrimnii bihaqqil faatihati maqoolan. Wa hashshil maa fii dlomiir.........." 

Pada Titik titik (......) Sebutkan Hajatnya.


Demikian Semoga Bisa bermanfaat bagi kita semua
Jika Kurang Jelas Silahkan Hubungi lewat sms terlebih dahulu ke : 0858 7114 8555
والسـلام عليكم ورحمة اللـه وبر كـاته
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...