SELAMAT DATANG DI SOLUSI HUTANG

Tatacara ( Kaifiyat ) Mengamalkan Shalat Taubat (Tobat)

Solusi Hutang : Tatacara ( Kaifiyat ) Mengamalkan Shalat Taubat (Tobat)
السـلام عليكم ورحمة اللـه وبر كـاته
Sahabat Solusi Hutang (SSH),Shalat taubat : Sholat Tobat (bahasa Arab, صلاة التوبة أو سلاة التوابين) adalah shalat sunnah yang dilakukan sebagai salah satu cara untuk bertobat memohon ampun pada Allah atas dosa dan kesalahan yang telah dilakukan.
Tobat artinya mencopot segala perkara yang telah dilakukan untuk tidak mengulanginya lagi atas dasar penyesalan
Sahabat Solusi Hutang (SSH), Syarat Taubat itu ada 5 Perkara:
  1. Memecat (mencopot) dosa yang telah dilakukan
  2. Niat tidak akan melakukan dosa tersebut lagi (taubatan Nasuha)
  3. Merasa sedih telah melakukan dosa
  4. Meminta dimaafkan kepada sesama manusia (hakul adami) atas dosanya
  5. Membaca Istighfar mohon ampunan kepada Alloh ( Sholat Taubat )
Karena kita selalu lalai, dianjurkan Istighfar itu menjadi sebuah dzikir untuk membiasakan diri mendapat ampunan dan pertolongan Allah SWT, sebab ketika dosa kita diampuni maka do'a kita diijabah.
Sahabat Solusi Hutang (SSH), berikut ini mengenai landasan atau dasar mengenai Sahalat Sunnah Taubat yang penulis temukan, jika ada yang lebih baik maka penulis menyarankan menjalankan apa yang lebih baik. Sebab diantara amalan yang diterima oleh Allah SWT adalah amal sholeh (amal yang tidak bercampur dgn kepentingan pribadi atau golongan, jadi karena Alloh SWT semata mata) adapun menurut para Ulama Ta'rif Amal Sholeh adalah Menurut Muhammad Abduh, sholeh adalah segala perbuatan yang berguna bagi pribadi, keluarga, kelompok, dan manusia secara keseluruhan. 
Menurut Az-Zamakhsyari, amal shaleh adalah segala perbuatan yang sesuai dengan akal rasional, Al-Quran dan sunah Nabi Muhammad. SAW.
Al-Qur'an menyebutkan ungkapan "amal saleh" pada dua tempat, yaitu Q.S. Al-Fatir 5:10
dan Q.S. Attaubah: 120. 
Ayat pertama mengungkapkan: "Kepada-Nyalah akan naik perkataan-perkataan yang baik, dan amalan kebajikan Dia akan mengangkatnya. ( Q.S. Fatir:10 ).
Sedangkan, ayat kedua menjelaskan tentang semua tindakan dalam jihad di jalan Allah sebagaimana amal saleh. Adapun ayat yang menjelaskan tentang amal yang tidak saleh (amal gair shalih) dikaitkan dengan pembangkangan kan'an terhadap seruan ayahnya, Nabi Nuh AS (Q.S. Hud:46).
DALIL SHALAT TAUBAT

Hadits sahih riwayat Tirmidzi, Abu Dawud, dan Ahmad dalam Musnad .

مَا مِنْ عَبْدٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا فَيُحْسِنُ الطُّهُورَ ، ثُمَّ يَقُومُ فَيُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ ، ثُمَّ يَسْتَغْفِرُ اللهَ إِلَّا غَفَرَ اللَّهُ لَهُ


Artinya: Tidaklah seorang hamba berbuat satu dosa, lalu ia bersuci dengan baik, lalu berdiri untuk shalat dua rakaat, kemudian memohon ampun kepada Allah, melainkan Allah akan mengampuni dosanya.

Kemudian Nabi membaca surat Ali Imron 3:135

،ثم قرأ هذه الآية: [وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ وَمَنْ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا اللَّهُ وَلَمْ يُصِرُّوا عَلَى مَا فَعَلُوا وَهُمْ يَعْلَمُونَ


Artinya: Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain daripada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.

SYARAT SHALAT TAUBAT

Sebagaimana setiap shalat, syarat pertama adalah mushalli (orang yang shalat) harus suci dari hadats kecil dan besar. Kalau belum hendaknya mandi junub dan berwudhu terlebih dahulu. 

Setelah itu, lakukan shalat 2 raka'at.


NIAT SHALAT TAUBAT

Niat shalat taubat adalah sebagai berikut:

أصلي سنة التوبة ركعتين لله تعالي

Artinya: Saya niat shalat sunnah taubat dua rokaat karena Allah.


BACAAN SHALAT TAUBAT

Rakaat pertama: Membaca Al-Fatihah dan Surat Al-Kafirun
Rakaat kedua: membaca Al-Fatihah dan Surat Al-Ikhlas.


DOA DAN BACAAN SETELAH SHALAT TAUBAT

Setelah salam, lalu membaca istighfar 71 kali اَسْتَغْفِرُاللهَ الْعَظِيْمِ

Setelah istighfar, baca doa dibawah ini:

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ تَوْ فِيْقَ اَهْلِ الْهُدَى وَاَعْمَالَ اَهْلِ التَّوْبَةِ وَعَزْمَ اَهْلِ الصَّبْرِ وَجِدَّ اَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ اَهْلِ الرَّ غْبَةِ وَتَعَبُّدَ اَهْلِ الْوَرَعِ وَعِرْفَانَ اَهْلِ الْعِلْمِ حَتَّى اَخَافَكَ . اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ مَخَا فَةً تَحْجُزُ نِى عَنْ مَعَاصِيْكَ حَتَّى اَعْمَلَ بِطَا عَتِكَ عَمَلاً اَسْتَحِقُّ بِهِ رِضَاكَ حَتَّى اُنَا صِحَكَ فِىالتَّوْ بَةِ خَوْ فًا مِنْكَ وَحَتَّى اَخْلِصَ لَكَ النَّصِيْحَةَ حُبًّا لَكَ وَحَتَّى اَتَوَ كَّلَ عَلَيْكَ فَ اْلاُمُوْرِ كُلِّهَاوَحُسْنَ ظَنٍّ بِكَ . سُبْحَانَ خَالِقِ نُوْرٍ


Artinya: Ya Alloh sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu Taufiq(pertolongan)nya orang-orang yang mendapatkan petunjuk(hidayah),dan perbuatannya orang-orang yang bertaubat, dan cita-cita orang-orang yang sabar, dan kesungguhan orang-orang yang takut, dan pencariannya orang-orang yang cinta, dan ibadahnya orang-orang yang menjauhkan diri dari dosa (wara’), dan ma’rifatnya orang-orang berilmu sehingga hamba takut kepada-Mu. Ya Alloh sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu rasa takut yang membentengi hamba dari durhaka kepada-Mu, sehingga hamba menunaikan keta’atan kepada-Mu yang berhak mendapatkan ridho-Mu sehingga hamba tulus kepada-Mu dalam bertaubat karena takut pada-Mu, dan sehingga hamba mengikhlaskan ketulusan untuk-Mu karena cinta kepada-Mu, dan sehingga hamba berserah diri kepada-Mu dalam semua urusan, dan hamba memohon baik sangka kepada-Mu. Maha suci Dzat Yang Menciptakan Cahaya.

WAKTU PELAKSANAAN SHALAT TAUBAT

Shalat taubat (tobat) termasuk dari shalat sunnah mutlak yang dapat dilaksanakan kapan saja. Siang dan malam. Kecuali waktu yang dilarang melakukan shalat sunnah.

Adapun waktu larangan shalat sunnah ada 5 (lima) sebagai berikut:
1. Dari terbit fajar kedua sampai terbit matahari. (setelah Subuh)
2. Dari terbit matahari sampai matahari naik sepenggalah (قيد رمح).(waktu Duha awal)
3. Dari saat matahari persis di tengah-tengah sampai condong.(tengah Hari /Duhur awal)
4. Dari shalat ashar sampai tenggelam matahari.(setelah Ashar)
5. Menjelang tenggelam matahari sampai tenggelam sempurna.(setelah Asar Menjelang Maghrib)

Untuk Menebus segala dosa dianjurkan untuk melaksanakan amalan shaleh lainnya termasuk Shaum (puasa) Sunnah, Infaq, Shodaqoh dan lain lain
Semoga Tata Sholat ini bisa bermanfaat untuk kita amalkan dengan ikhlas karena sesungguhnya Allah SWT Maha Pengampun. amin
Jika kurang Jelas Silahakan Hubungi : sms/tlp ke 0858 711 48 555
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...